Recent Posts

Selasa, 14 Mei 2013

Efektifitas Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Ketrampilan Menulis

Efektifitas Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Ketrampilan Menulis (Penelitian Eksperimen di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang)
Penulis:Lilis Suaibah
Tahun:2011
Fakultas:Pasca Sarjana
Jurusan:S2 Pendidikan Bahasa Arab
Pembimbing:1) Dr. Nur Hasan Abdul Bari.  2) Prof. Dr. Muhammmad Syaikhoun Muhammad Sulaiman.  
Kata Kunci:Penggunaan Media Power Point, Pengajaran Ketrampilan Menulis

Menulis adalah salah satu aspek penting dalam pengajaran bahas aarab dan mengajarkan ketrampilan menulis dalam bahasa arab harus ada sesuatu yang bisa menarik perhatian dan menyenangkan bagi siswa agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif,yang salah satunya menggunakan media pembelajaran.
Dari pengamatan peneliti dan wawancara dengan guru bahasa arab bahwa siswa Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Bululawang kurang mampu dalamk etrampilan menulis dalam bahasa arab, berdasarkan permasalahan yang ada, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengajaran ketrampilan menulis dengan menggunakan media power point di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul ‘Ulama Bululawang dan mengetahui sejauhmana efektifitas penggunaan media power point dalam pengajaran ketrampilan menulis pada mata pelajaran bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul ‘Ulama Bululawang.
Metodologi penelitianini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi kelas V (lima) Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul ‘Ulama Bululawang dengan sampel kelas V (lima) A sebagai kelas Eksperimen dan Kelas V (lima) B sebagai kelas kontrol yang mana pengambilan sampel ini dilakukan dengan cara sengaja (purposive sampling). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah obsevasi yang mendalam, wawancara, angket dantes (pre tesdanpost test).
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media power point terbukti efektif meningkatkan kemahiran menulis bagi siswa kelas V (lima) pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Bululawang, ini terbukti dilihat dari hasil nilai tes pada kelas control dan kelas eksperimen, yaitu (١). Hasil perhitungan nilai t-test (٨,٧٣٤) sedangakan nilai t-table (١,٩٩٧) berarti nilai t-test lebih besar daripada nilai t-tabel yang artinya bahwa H٠ ditolak dan H١ diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran ketrampilan menulis dalam bahasa arab dengan menggunakan media power point lebih efektif dari pada pembelajaran ketrampilan menulis dalam bahasa arab tanpa menggunakan media power point. Nilai t-test pada imlak, menyusun kalimat, merubah jumlah mubtadak khobar menjadi khobar muqoddam mubtadak muakhkhor dan membuat paragraph sederhana lebih besar dari nilai t-tabel, jadi penggunaan power point efektif digunakan dalam pembelajaran ketrampilan menulis imlak, menyusun kalimat, merubah jumlah mubtadak khobar menjadi khobar muqoddam mubtadak muakhkhor dan membuat paragraph sederhana dan (٢). Rata-rata nilai kelase ksperimen lebih baik setelah menggunakan media power point dari pada nilai sebelum menggunakan media tersebut, yaitu yang sebelumnya rata-rata nilai sebesar ٥٨,٦٧menjadi ٨٠,١٢.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar