Recent Posts

Senin, 13 Mei 2013

Pengembangan Media Pembelajaran PAI Di Sekolah Menengah Atas

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Media Pembelajaran PAI Di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 (SMA) Malang.
Penulis:YUYUN TRIVINA
Tahun:2011
Fakultas:Tarbiyah
Jurusan:Pendidikan Agama Islam
Pembimbing:1) Dr. H. Farid Hasyim,M.Ag.  
Kata Kunci:guru pendidikan agama Islam, media pembelajaran

Seiring dengan perkembangan zaman yang terus berubah menuju kearah kemajuan, dalam era persaingan yang semakin bebas seperti saat ini, lembaga pendidikan dituntut untuk dapat memberikan kualitas pendidikan yang bermutu karena lembaga pendidikan yang kurang bermutu lama kelamaan akan di tinggalkan oleh masyarakat dan tersingkir dengan sendirinya. Semakin sadarnya orang akan pentingnya media yang membantu pembelajaran sudah mulai dirasakan, pengelolaan alat bantu pembelajaran jsudah sangat dibutukan. Dalam menyampaikan pesan pendidikan agama Islam diperlukan suatu media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran disini yaitu memaksimalkan penggunaan media yang sudah ada di sekolah dan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pengadaan media apabila media tersebut belum ada di sekolah. Dengan begitu media akan maksimal dalam penggunaannya dan dalam pengembangannya.
Berdasarkan pernyataan di atas, maka penulis terdorong untuk mengadakan penelitian tentang upaya guru agama dalam pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 9 Malang.
Hasil dari kajian dan pembahasan dalam skripsi ini adalah bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan macam-macam media pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan di SMA Negeri 9 Malang. (2) Mendeskripsikan upaya guru agama dalam mengembangkan media pendidikan agama Islam di SMA Negeri 9 Malang, baik dari segi pengadaan, pemanfaatan dan pemeliharaannya. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan Interview,Observasi, dan Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analisa deskriptif.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: dalam kegiatan belajar mengajar, guru agama di SMA Negeri 9 Malang menggunakan semaksimal mungkin dalam pengembangan media pembelajaran yang ada di sekolah sebagai alat bantu mengajar dalam pembelajaran PAI seperti: LCD, laptop, dan komputer, jika diperlukan, maka guru agama yang bersangkutan mengadakan sendiri media pembelajaran sesuai kebutuhan, pemanfaatan media pembelajaran PAI disesuaikan dengan kriteria pemilihan media dan materi pembelajaran, Pemeliharaan media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting agar media pembelajaran tetap dalam kondisi baik dan awet, sehingga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam penggunaannya. Faktor pendukung pengembangan
media adalah: adanya alat/media, adanya motivasi, adanya biaya; reaksi positif dari siswa, adanya semangat mengajar yang tinggi dari guru; adanya rasa tanggung jawab dalam diri pemakai media untuk menjaga media pembelajaran yang dipakainya. Faktor penghambat pengembangan media adalah: tidak adanya alat/media yang tersedia, tidak adanya motivasi, keterbatasan biaya; adanya trouble pada alat/media pembelajaran yang akan digunakan, keterbatasan media, keterbatasan kemampuan yang dimiliki oleh guru pengajar; adanya kesalahan dalam pemakaian media pembelajaran tersebut sehingga dapat mengakibatkan kerusakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar