Recent Posts

Selasa, 14 Mei 2013

Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan

Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam DI SMP Negeri 12 Malang
Penulis:Uswatun H
Tahun:2011
Fakultas:Tarbiyah
Jurusan:Pendidikan Agama Islam
Pembimbing:1) Hj. Rahmawati Bahruddin, MA.  
Kata Kunci:Media Audio Visual, Motivasi, dan PAI

Dalam pemilihan metode pembelajaran tentunya membutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu seorang guru dalam menyampaikan pesan bisa lebih jelas dan dipahami oleh siswa. Selain itu media pembelajaran dapat membangkitkan motivasi dan minat belajar yang baru dalam diri siswa. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah meda audio visual. Media ini mempunyai kemampuan yang lebih, karena media ini mengandalkan dua indera sekaligus, yaitu indera pendengaran dan indera penglihatan. Dengan media tersebut diharapkan bisa membangkitkan motivasai dalam belajar dan memperjelas materi yang disampaikan.
Penelitian ini mendeskripsikan tentang penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 12 Malang. Dengan rumusan masalah yang peneliti gunakan adalah penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual, peranan media pembelajaran audio visual, dan faktor pendukung dan faktor penghambat media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 12 Malang.
Penelitian ini termasuk penelitian deskrifsif kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis dapat menggunakan analisis deskriftif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari interview dari pihak-pihak tersebut.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, penggunaan media pembelajaran audio visual tidak dapat disiarkan langsung dengan parabola melainkan dengan rekaman VCD. Adapun kurikulum yang digunakan sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah saat ini, tetapi pelaksanaannya ditambahkan dengan media pembelajaran audio visual. dan media audio visual mempuyai peranan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun kendala yang dihadapi dalam pembelajaran audio visual adalah: a) keterbatasan rekaman materi, b) progam tidak dapat diulang, c) siswa yang terlambat. Dan penunjangnya adalah: a) tersedianya media audio visual, b) tersedianya waktu untuk menggunakan media audio visual, c) kedisiplinan guru.
Adapun dalam proses pembelajarannya ada faktor penghambat seperti keterbatasannya rekaman siaran materi sejarah kenabian, adanya alat yang rusak, dan lain-lain. Adapun faktor pendukung seperti tersedianya audio visual dan VCD projector diruangan lab. komputer. Sehingga dapat digunakan untuk mengakses kapan saja dan lai-lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar