Recent Posts

Kamis, 09 Mei 2013

Skripsi Pengembangan Media : Penyusunan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Gambar

Penyusunan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Gambar (Penelitian Pengembangan di Madrasah Tsanawiyah Malang III)
Penulis:Nanang Sholihudin
Tahun:2011
Fakultas:Pasca Sarjana
Jurusan:S2 Pendidikan Bahasa Arab
Pembimbing:1) Dr. Nur Hasan Abdul Bary.  2) Prof. Dr. Moh. Ainin.  
Kata Kunci:Penyusunan Bahan Ajar, Media Gambar, Kecakapan Berbicara

Permasalahan yang umum terjadi di Madrasah Tsanawiyah adalah kurangnya penguasaan siswa terhadap kosakata dan proses pembelajaran yang lebih banyak menghafal teks daripada praktek serta kurangnya pemanfaatan media. Atas dasar itu peneliti merancang materi pembelajaran berbicara bahasa arab dengan media gambar. Penulis memilih media gambar dalam pembelajaran berbicara Bahasa Arab karena banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa media gambar sangat membantu mempercepat pemahaman terhadap bahasa asing.
Dalam penelitian ini peneliti merumuskan permasalahan bagaimana menyusun bahan ajar berbicara bahasa Arab dengan menggunakan media gambar, dan bagaimana spesifikasi dan kualitas bahan ajar yang disusun serta efektifitasnya dari sisi perolehan kosakata, pembentukan kalimat dan kelancaran berbicara. Tujuan penelitian ini adalah membuat sebuah bahan ajar dengan menggunakan media gambar dan mengetahui spesifikasinya, kualitasnya dan efektifitasnya dari sisi perolehan kosakata, pembentukan kalimat dan kelancaran berbicara.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis Penelitian Pengembangan (Research and Development), dengan prosedur : studi pendahuluan, analisis kebutuhan, desain materi pembelajaran, validasi pakar, revisi pertama, penilaian guru Bahasa Arab, revisi kedua, uji coba lapangan, revisi ketiga, dan produksi.
Hasil penelitian ini adalah sebuah produk bahan ajar berbicara bahasa Arab dengan menggunakan media gambar yang terdiri dari 3 unit yaitu “Rumahku, Keluargaku dan Alamat”. Adapun prosedur penyusunan bahan ajar ini meliputi analisis kebutuhan (needs analysis), mengembangkan silabus KTSP 2008, dan menyusunnya dalam bentuk gambar-gambar. Setelah divalidasi oleh pakar bahasa arab dan guru Bahasa Arab kemudian disimulasikan kepada siswa kemudian diujikan maka diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar yang disusun memperoleh nilai baik sekali. Dan setelah diujikan kepada siswa diperoleh nilai baik sekali dalam bidang pemerolehan kosa kata, pembentukan kalimat dan kelancaran berbicara.
Oleh Karena itu, peneliti menyarankan (1) kepada guru-guru bahasa Arab khususnya di MTsN Malang III untuk menggunakan hasil penelitian ini dalam pembelajaran berbicara bahasa arab. (2) agar guru-guru bahasa Arab menggunakan gambar sebagai media pembelajaran berbicara bahasa Arab kepada siswa kelas 7 di Madrasah Tsanawiyah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar